Minggu, 16 Mei 2010

postheadericon White Knight Chronicles

White Knight Chronicles (WKC) merupakan RPG terbaru eksklusif PS3 yang datang dari developer Level-5. Bagi kamu yang memang menggandrungi game-game bergenre JRPG, nama Level-5 sendiri pastinya telah kamu kenal semenjak sejumlah game garapannya hadir di era PS2. Di antaranya adalah Dark Cloud series, Dragon Quest VIII, dan Rogue Galaxy. Tidak hanya besar di era PS2, Level-5 saat ini juga sudah cukup banyak menghasilkan game untuk NDS lewat sejumlah game Professor Layton dan Inazuma Eleven. White Knight Chronicles ini adalah kali pertamanya Level-5 memberikan hasil karyanya untuk konsol next-gen Sony. Debut di Jepang pada akhir tahun 2008 dan gamers luar Jepang baru berkesempatan untuk menjajal kebolehannya pada Februari 2010 ini. Seperti apa sih game-nya?


Plot

Game ini bercerita pada setting dua kerajaan yang telah lama berperang, Balandor dan Faria. Demi mengakhiri perseteruan yang telah lama berlangsung, raja Balandor mengundang bangsawan Faria dengan tujuan damai untuk datang ke perayaan ulang tahun putrinya, Cisna. Akan tetapi, momen baik yang diharapkan tampaknya tidak dapat terealisasi sesuai rencana. Pada malam

perayaan, Balandor kedatangan tamu tak diundang berupa sekelompok prajurit dari organisasi yang dinamakan Magi. Tidak dapat dihindarkan lagi, para penjahat yang dipimpin oleh jendral Dragias telah membuat situasi menjadi kacau dan bahkan menghabisi sang raja di depan mata Cisna. Sebelum keadaan bertambah buruk, adalah seorang pemuda bernama Leonard yang datang menolong dan membawa lari sang putri. Dalam pelariannya, Leonard dan Cisna sampai di sebuah ruang rahasia yang menyimpan suatu penemuan kuno, White Knight Ark. White Knight Ark menurut legenda kuno telah dipergunakan untuk memanggil sosok ksatria raksasa yang disebut White Knight. Demi menyelamatkan dirinya dan Cisna yang tengah terancam, Leonard pun mempergunakan benda tersebut dan berubah menjadi White Knight dalam legenda. Berkat kekuatan legendaris dari White Knight, Leonard berhasil mengalahkan monster yang dikirimkan Magi. Menyaksikan kebetulan yang di luar dugaan mereka, Dragias dan pasukannya pun memutuskan mundur dengan membawa serta sang putri. Tidak hanya kehilangan putri mereka, Balandor juga dihadapkan dengan tewasnya bangsawan dari Faria, yang dipastikan dapat kembali menyulut peperangan di antara kedua kerajaan tersebut. Maka, seperti yang sudah bisa kamu tebak, Leonard dan teman-temannya kini harus mengemban misi demi menemukan sang putri sekaligus membawa kembali kedamaian bagi negeri tersebut. Inti cerita yang cukup simpel ala RPG Jepang, namun jelas perjalanan mereka tidak akan sesederhana itu.

Gameplay

Dari kesan-kesan pertama dan cerita yang diperkenalkan, mungkin sebagian besar gamers akan menduga kalau WKC mengusung gameplay ala RPG biasanya yang punya battle system bergaya turn-based. Akan tetapi pada kenyataannya, WKC adalah sebuah JRPG yang juga bisa disebut sebagai MMORPG. Mempunyai jalan cerita utama, namun juga didukung oleh hadirnya fitur MMO yang terbilang kuat. Sebelum kamu masuk ke dalam cerita dari dunia WKC, kamu akan diajak terlebih dulu untuk membuat avatar diri kamu. Avatar ini merupakan karakter pribadi yang akan kamu pergunakan sebagai karakter pada fitur online-nya. Seperti halnya game-game PC dengan genre MMORPG, kamu dapat melakukan custom pada tampilan fisik avatar kamu sesuai dengan selera, mulai dari menentukan gender-nya, mengubah gaya rambutnya, bentuk wajahnya, ukuran badan, hingga suaranya. Ada cukup banyak variasi tampilan karakter yang disediakan pada fitur custom avatar di game ini.

Sebagai sebuah game yang bisa dikategorikan sebagai MMORPG, WKC menghadirkan battle system bersifat real-time yang disebut sebagai Active Time System. Active Time System merupakan sebuah perpaduan antara real-time ala MMORPG dan turn-based yang sudah umum pada RPG konsol. Sifat real-time akan kamu temukan pada pertempuran yang akan terus berlangsung dan tidak bisa kamu hentikan dengan membuka pilihan menu, sedangkan sifat turn-based terletak pada jeda yang mengharuskan kamu menunggu Command Circle sebelum melakukan command selanjutnya. Skill atau command apapun akan membutuhkan sekali turn Command Circle untuk bisa kamu keluarkan. Seperti MMORPG umumnya, kamu pun diberikan kebebasan untuk mengambil skill di dalam game ini. Skill yang bisa kamu ambil ada pada 8 Skill Path yang terbagi atas 6 jenis senjata dan 2 sifat magic. Pengambilan Skill Path didasari pada penggunaan senjata yang menjadi spesialisasi karakter, yang akan menjadikan keahlian karakter kamu lain daripada karakter gamers lainnya. Ada one-handed sword, two-handed sword, spear, bow, axe, dan staff sebagai 6 kelas senjata yang bisa kamu dalami, dengan divine dan elemental sebagai dua sifat magic-nya. Masing-masingnya mempunyai macam tingkatan skill yang berbeda dan atribut yang juga berpengaruh terhadap karakteristik status dari karakter. Untuk mengambil skill, kamu membutuhkan Skill Points yang akan diperoleh setiap kali naik level. Wajar saja apabila kamu perlu melakukan leveling untuk memperkuat karakter serta party kamu.

Seperti yang LYR sebut di atas, setiap turn akan dibatasi pada sekali putaran Command Circle. Setiap putaran Command Circle mengharuskan kamu untuk menunggu dengan adanya persentase besar menerima serangan. Ada kalanya juga kamu akan menjadi target empuk dari musuh yang sekali datang tidak hanya satu. Dengan situasi semacam itu, hanya sekali serangan tentunya akan sangat dirasa kurang efektif. Oleh karena itu, game ini menyediakan fitur combo
yang dapat menggabungkan beberapa skill ke dalam satu rangkaian serangan. Dengan begitu, kamu dapat langsung melakukan beberapa kali serangan dalam satu kali turn Command Circle. Hal yang sangat membantu, namun tidak secara cuma-cuma pastinya. Tiap penggunaan skill membutuhkan apa yang disebut dengan Action Chip (AC). Jadi, jumlah AC ini adalah sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Apabila jumlah AC yang diperlukan memadai, maka kamu bisa saja menghabisi satu monster dalam sekali turn. Selain itu, seperti halnya game MMORPG yang dilengkapi dengan fitur hotkey, WKC juga memiliki fitur serupa yang disebut dengan Command Slot. Setiap karakter mempunyai tiga deret Command Slot yang masing-masing deretnya terdiri atas tujuh slot skill.

Untuk Walkthroughnya silakan download disini.
Pass: 07010013

0 komentar:

My Status..

Follower...

About Me...

Foto Saya
Night Walker Blog
Bandar Lampung, Tanjung Karang, Indonesia
Only Common Person, like the other....
Lihat profil lengkapku

Guest Book...

toko baju & busana wanita